Takdir Atau Nasib ???

2
Takdir adalah ketentuan suatu peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi kejadiannya baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempatnya maupun waktunya. Namun ada beberapa mengatakan takdir tersebut merupakan Nasib. Lalu apa yang membedakan antara Takdir dengan Nasib??? Disini saya akan berusaha berbagi info mengenai kedua hal yang saling berkaitan tersebut.

Takdir Atau Nasib

Umat Islam memahami takdir sebagai bagian dari tanda kekuasaan Tuhan yang harus diimani sebagaimana dikenal dalam Rukun Iman. Penjelasan tentang takdir hanya dapat dipelajari dari informasi Tuhan, yaitu informasi Allah melalui Al Quran dan Al Hadits. Secara keilmuan umat Islam dengan sederhana telah mengartikan takdir sebagai segala sesuatu yang sudah terjadi. 

Lalu bagaimana dengan Nasib??Menurut sebagian besar orang Nasib itu sebuah kepercayaan seseorang dengan apa yang terjadi menurutnya dan tidak bisa diubah dengan cara apapun yang pada intinya hampir sama dengan takdir. Namun bagi saya Nasib itu bisa dirubah jika kita terus Berusaha dan Berdoa. Banyak yang mempertanyakan Apakah Takdir itu bisa dirubah? Jawaban saya tentu tidak, karena Takdir adalah ketetapan Allah yang sudah diberikan sejak ia lahir, seperti Jodoh dan Kematian. Siapapun tidak bisa menghindari Takdir karena memang itu sudah ketetapan Sang Pencipta Allah SWT. Seperti yang ada dalam Rukun Iman yang ke-6 mengenai Qada Dan Qadar.

Lebih detailnya saya kurang paham tentang hal tersebut namun kita wajib mempercayai rukun iman. Untuk masalah nasib kita analogikan seperti saat ini saya sedang mengikuti kontes SEO yang persaingannya sangat ketat di Channelbola.com Agen Bola Resmi Piala Eropa 2012. Jika kita beranggapan kita akan kalah karena sudah nasib itu merupakan ciri orang yang pesimis, dan kekalahan bukanlah sebuah takdir melainkan nasib, karena semua itu bisa dengan berusaha. Jadi kini kita harus paham tentang Takdir Atau Nasib ???
Share :

Komentar Facebook:

2 Komentar Blog:

Terima Kasih Semua Atas Kunjungannya..
Sempatkan meninggalkan Kata-kata yah,,karena ini berarti untuk blogku. Salam Blogging.

Entri Populer