Monday, July 2, 2012

Cara Berhenti Kerja atau Resign Dengan Baik dan Bijaksana


Resign adalah ajuan seseorang karyawan kepada perusahaan untuk berhenti kerja dengan alasan tertentu. Selama setahun bekerja saya menemui beberapa karakteristik orang-orang dalam lingkungan kerja. Hingga pada akhirnya saya pun harus melakukan resign pada perusahaan lama saya sekitar 5 bulan yang lalu. Diposisi ini saya diingatkan oleh orang tua saya untuk melakukan dengan cara-cara yang baik dan terhormat. Karena kita pun masuk dengan cara yang baik.

Cara Berhenti Kerja atau Resign Dengan Baik dan Bijaksana


Beberapa diantara mereka ada yang melakukannya dengan cara yang saya rasa tidak baik, dan saya lihat rasanya itu kurang pantas dilakukan bagi seorang profesional kerja. Disini saya ingin berbagi pengalaman Cara Berhenti Kerja atau Resign Dengan Baik dan Bijaksana :
  1. Pastikan resign adalah langkah terbaik dan keputusan terbaik bagi anda dan perusahaan dan pikirkan matang-matang.
  2. Berikan pemberitahuan lebih awal, agar perusahaan siap untuk membackup semua pekerjaan yang selama ini di handle oleh anda. Dan biasanya jangka waktunya sekitar 1 bulan. Walaupun beberapa perusahaan menetapkan peraturan yang berbeda-beda.
  3. Tawarkan bantuan kepada HRD untuk mencari pengganti anda karena dengan begini anda akan sangat membantu perusahaan. Dan tidak ada kesan lari dari tanggung jawab.
  4. Jangan Menghilang, yang dalam hal ini biasanya setelah kita mengajukan resign beberapa diantaranya tidak masuk tanpa keterangan, bersikap lah seperti biasa dan tetap mematuhi peraturan hingga akhir anda bekerja.
  5. Pastikan memiliki contact atasan, karena dengan begitu relasi anda akan terbangun, guna menjalin hubungan yang baik di lain hari.
  6. Jalin hubungan yang baik dengan perusahaan, jangan sampai membuat masalah yang akan memperburuk tali silaturahmi, apapun yang telah terjadi sebelumnya.
  7. Buat kesan terkahir menjadi baik, karena dengan begitu anda akan memberikan dampak positif bagi semuanya, dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih baik secara lisan maupun tulisan. Syukur-syukur kalau ada rejeki tambahan traktiran,hee.
  8. Jangan menyebarkan keburukan yang berkaitan dengan perusahaan, karena biar bagaimana kita sudah mendapatkan banyak hal baik dari perusahaan.
  9. Jangan merusak properti dan kembalikan semua aset perusahaan atau fasilitas perusahaan seperti pertama kali anda diberikan.
  10. Jangan berbohong atau mengkritik, ketika anda ditanyakan bos tentang alasan resign sebaiknya jangan berbohong karena berbohong hanya akan menimbulkan masalah. Dan jangan lah memberikan keluhan kepada perusahaan selama anda bekerja, karena hal bersifat sensitif.
Nah itu beberapa tips dari saya tentang Cara Berhenti Kerja atau Resign Dengan Baik dan Bijaksana, semoga teman-teman bisa memberikan yang terbaik pada setiap perusahaan tempat bekerja.
Semoga Artikel yang saia posting di blog ini bermanfaat,terima kasih.


For Further Reading,
artikel, perusahaan

5 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Semua Atas Kunjungannya..
Sempatkan meninggalkan Kata-kata yah,,karena ini berarti untuk blogku. Salam Blogging.