Tuesday, June 26, 2012

Penyebab Korupsi dan Cara Memberantas Korupsi


Korupsi adalah suatu tindakan kriminalitas yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk menguntungkan kelompok atau orang itu sendiri. Jelas korupsi menjadi permasalahan penting bagi negara kita, Indonesia. Karena memang kita sudah berfikir Si A tidak mungkin melakukan korupsi karena kelakuan baik sebelumnya, akhirnya ketika berkuasa tanpa sadar maupun sadar melakukannya.

Penyebab Korupsi dan Cara Memberantas Korupsi

Lalu timbul pertanyaan dalam benak saya, Apa Penyebab Korupsi? sejauh penelusuran saya mungkin karena kita sejak kecil kurang terdidik untuk bersikap jujur, yang selalu meremehkan hal-hal kecil yang dampaknya bisa menjadi kebiasaan yang menimbulkan korupsi kecil maupun besar, sebagai contoh dari artikel ini muncul karena saya melakukan korupsi waktu dalam pekerjaan saya untuk meluangkan waktu membuat artikel ini. Yaa kembali kejujuran masing-masing, tiap anak harus dididik sedisiplin mungkin maupun sejujur mungkin, karena hal ini lah yang akan memupuk Ia menjadi baik atau tidak kedepannya. Tentunya ini berkaitan dengan ilmu agama, karena setiap agama pasti mengajarkan kebaikan. Hal ini harus terus ditanamkan anak sejak kecil bahkan hingga dewasa, karena hanya orang-orang yang jauh dari agama yang melakukan korupsi dan banyak merugikan banyak orang.

Lalu bagaimana jika hal ini telah terjadi? Maka timbulah pertanyaan baru yaitu Bagaimana Cara Memberantas Korupsi? Yaa tentu saja kesadaran dalam diri masing. Beberapa dari mereka memberikan usul tentang Cara Memberantas Korupsi diantaranya :
  1. Negara China memberikan hukuman mati bagi mereka yang melakukan korupsi
  2. Negara Hongkong  ditahun 1974 karena mengetahui 99,9% anggota polisi dan Jaksa terlibat korupsi memecat seluruh polisi dan jaksa di negara tersebut
  3. Ada juga yang mengusulkan Terapkan hukum Islam, yaitu siapa yang korupsi potong tangan
  4. Yang saat ini dilakukan indonesia membuat tim anti korupsi KPK, dan lain sebagainya
  5. Dan lain sebagianya
Itu beberapa cara mereka, namun saya juga mempunyai angan-angan dalam mengatasi perbuatan nista tersebut. Tentunya dibutuhkan kerjasama antara pihak pemerintah dan rakyat. yaitu pemerintah dengan memberikan hukuman yang tegas dan memberikan apresiasi serta perlindungan bagi yang melaporkan tindak pidana korupsi, karena sejauh ini yang melaporkan malah dijadikan tersangka. Ini yang membuat mereka pihak pemerintah dan rakyat enggan berurusan dengan mafia-mafia hukum tersebut. Yaa pada intinya tentu kembali kepada diri masing-masing. Apakah tega menikmati kesenangan diatas penderitaan orang banyak?

Semoga Artikel yang saia posting di blog ini bermanfaat,terima kasih.


For Further Reading,
artikel, Pemerintah

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Semua Atas Kunjungannya..
Sempatkan meninggalkan Kata-kata yah,,karena ini berarti untuk blogku. Salam Blogging.